upload file here,.!!!

Selasa, 26 Januari 2010

Flash Game

PENGANTAR FLASH DAN GAME
Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash merupakan software multifungsi. Terlepas dari fungsi awalnya, yaitu mempermudah pembuatan animasi web, ternyata flash berkembang pesat hingga dapat dimanfaatkan sebagai software multimedia yang luar biasa. Bahkan Flash dengan action script-nya dapat dimanfaatkan menjadi program pembuat game yang mudah dan efektif.

Game pada dasarnya adalah sebuah gerakan obyek yang terkendali. Dalam game flash obyek yang dikendalikan sebagian besar adalah movie clip. Menggerakkan movie clip dapat dilakukan dengan berbagai cara baik dengan menggunakan motion tween atau menggunakan action script. Dengan menggunaan action script dalam flash bisa melakukan berbagai gerakan movie clip.

Pemrograman komputer pada umumnya akan sulit dipahami oleh seseorang yang awam terhadap sebuah bahasa pemrograman. Disisi lain membuat game merupakan salah satu penerapan dari ilmu pemrograman komputer. Namun flash dan action scriptnya relatif mudah untuk dipelajari.

MENGENAL AREA KERJA DALAM FLASH
Sebelum memulai proses pembuatan game, akan lebih baik jika terlebih dahulu mengenal siapa dan bagaimana flash itu. Area kerja Flash (mx, mx 2004, dan flash 8) pada dasarnya terdiri atas beberapa komponen yaitu Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel.

- Menu berisi kontrol untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, menyimpan file, dan sebagainya sesuai dengan menu yang ditampilkan.

- Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat untuk membuat obyek animasi atau aplikasi yang akan di jalankan.

- Toolbox berisi menu untuk membuat atau menggambar bentuk. Toolbox terbagi menjadi empat bagian yaitu drawing tool, view, color, dan option.

- Timeline adalah tempat untuk membuat dan mengontrol obyek dan animasi.

- Panel berisi kontrol fungsi yang dipakai dalam Flash yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai properti obyek animasi dengan cepat


ACTION SCRIPT DALAM FLASH
Action Script adalah suatu bahasa pemrograman yang ditambahkan dalam Flash secara interaktif, baik untuk keperluan aplikasi animasi SWF yang sederhana atau rumit, misalkan untuk aplikasi internet. Active Script ini hanya tambahan, artinya dalam pembuatan Flash tidak harus ada Active Script. Namun jika diinginkan aplikasi Flash yang interaktif, atau berkaitan dengan obyek lain di luar Flash, atau kemampuan lainnya, maka diperlukan Active Script. Setiap action script memiliki kegunaan masing-masing, script mana dan kapan kita menggunakannya adalah hal yang harus dilatih secara terus-menerus apabila ingin menjadi pakar dalam pemrograman action script flash.

VARIABEL DAN OPERATOR MATEMATIKA DALAM FLASH
Variabel adalah suatu lokasi didalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dan nilai yang ada didalamnya dapat diubah. Terdapat 2 cara dalam membuat variabel dalam flash cara yang pertama adalah dengan menuliskan langsung nama variabel dan nilainya contoh :
score = 1000; dengan action tersebut secara otomatis akan membuat satu variabel baru bernama score dengan nilai 1000;
Cara yang kedua adalah dengan menuliskan action var di depan variabel yang kita tuliskan, contoh :
var score = 1000; dengan action tersebut secara otomatis akan membuat satu variabel baru bernama score dengan nilai 1000;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar